Selasa, 17 Mei 2016

Mathematics



Program Studi Matematika Institut Teknologi Kalimantan menyelenggarakan proses pembelajaran yang komprehensif dalam bidang Matematika dan bidang lain yang terkait. Program studi ini membekali dan mendorong mahasiswa untuk memiliki berbagai kompetensi yang meliputi ilmu pengetahuan dalam bidang matematika, teknologi, dan keterampilan lain yang mendukung. Dengan bekal kompetensi tersebut, diharapkan program ini mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, dan berkiprah di dunia penelitian. 

Program studi ini membekali dan mendorong mahasiswa untuk memiliki berbagai kompetensi yang meliputi ilmu pengetahuan dalam bidang matematika, teknologi, dan keterampilan lain yang mendukung. 

Sebaran mata kuliah yang tertuang pada kurikulum program studi ini terbagi dalam beberapa tema antara lain, aljabar, analisis, statistika, matematika keuangan, matematika aktuaria, matematika diskrit, optimisasi, kontrol, riset operasi, pengolahan data, pemodelan matematika, ilmu komputer, dan kewirausahaan. Dengan arahan dari dosen wali, mahasiswa dapat memfokuskan bidang yang akan diminati. 

Dalam melaksanakan tugas tridharma pendidikan, dosen dan mahasiswa bekerja sama dalam proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian diharapkan mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dan berbagi manfaat kepada masyarakat. Di Program Studi Matematika ITK, mahasiswa didorong mampu mampu menggunakan software dan bahasa pemrograman, yaitu C++, Matlab, Maple, LATEX, SPSS, Minitab, R, Java dan banyak lagi.

Selain itu, mahasiswa Matematika juga didorong aktif dalam berbagai kegiatan kemahasisswaan untuk memberikan pengalaman dalam bidang manajemen dan kepemimpinan. Tidak kalah penting dari semua program yang ada, kerohanian dan pembentukan karakter juga menjadi poin penting untuk mendidik mahasiswa menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, mencintai bangsa dan negara, berkarakter unggul, dan menjadi teladan bagi sesama. 

Visi

Program Studi Matematika menjadi pusat pengembangan keilmuan Matematika di Indonesia Timur dengan aktif berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan nasional melalui pemberdayaan potensi daerah Kalimantan pada tahun 2025

Misi


Berdasarkan visi tersebut, maka misi Program Studi S1 Matematika adalah:
  1. Melaksanakan pendidikan Matematika yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan sesuai kebutuhan masyarakat, nasional, dan internasional, dan siap melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
  2. Membudayakan kegiatan penelitian matematika di tingkat nasional maupun internasional untuk menunjang proses pembelajaran matematika
  3. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain, industri, masyarakat, dan pemerintah
  4. Menerapkan ilmu matematika dan terapannya sebagai solusi dalam rangka pengabdian kepada masyarakat

Prospek Lulusan

Wirausaha
Pendidik dan Ilmuan
Aktuaris
Konsultan
Manager Perusahaan
Perbankan dan Jasa Keuangan lainnya


itk.ac.id
http://itk.ac.id/akademik/matematika/

0 komentar:

Posting Komentar